google-site-verification=EthcRUDc27SXgJe9yVPX-BzdMHeSOySJWMn0siRYk_c

Bagaimana cara memulai Pokémon Competitive (VGC2020)

Table of Contents
Part 1: Mengenai Pokémon Competitive Game!

  • 1.1 Apa itu VGC?
  • 1.2 Kenapa saya harus bermain VGC?
  • 1.3 Rules, atau: Apa yang membuat VGC berbeda dengan bermain Pokémon biasa-nya?

Part 2: Mengetahui Basics – Mekanisme Pokémon

  • 2.1 Types
  • 2.2 Moves, STAB dan Hax
  • 2.3 Base Stats dan Peran
  • 2.4 Abilities
  • 2.5 Efek Arena
  • 2.6 Nature
  • 2.7 Modifier Stat
  • 2.8 Individual Value (IV)
  • 2.9 Effort Value (EVs)
  • 2.10 Items
  • 2.11 Double Battle
  • 2.12 Mekanisme Speed
  • 2.13 Dynamax & Gigantamax
  • 2.14 Mengetahui Meta: Apa yang ada di dalam set?

Part 3: Bagaimana cara memulai?

  • 3.1 Streams
  • 3.2 Bikin Team…. atau Nyolong Team?
  • 3.3 Tes skill kalian: Showdown!

Part 4: Menjadi yang terbaik!

  • 4.1 Team Preview: Apa yang harus dipilih?
  • 4.2 Ketahui Kondisi Kemenangan Kalian!
  • 4.3 Matchup: Main dengan rencana!
  • 4.4 Damage Calc dan membuat EV Spread
  • 4.5 Strategi dan Lead umum VGC2020
  • 4.6 Sakit-nya kena Hax dan Tilt

Part 5: Menjadi bagian dari keluarga Pokémon Indonesia

Part 1: Mengenai Pokémon Competitive Game!

1.1 Apa itu VGC?
Jika kamu membaca artikel ini, mungkin kalian sudah ada ide mengenai apa itu VGC, namun tidak ada salah-nya untuk menjelaskan-nya lagi!

VGC, kependekan dari Video Game Championships, adalah nama dari The Pokémon Company International Official Competitive Format. Mungkin beberapa dari kalian sudah mengerti Competitive Pokémon didalam format berbeda-beda, seperti Smogon OU, UBER, dll. TPCI memiliki beberapa artikel yang menjelaskan tentang Pokémon VGC, namun pada artikel dibawah ini, saya akan menjelaskan lebih detil lagi.

Ingin mewakili Indonesia untuk bertanding di Pokémon Video Game dalam kancah International? Yuk disimak!


1.2 Kenapa saya harus bermain VGC?
Di dalam banyak hal, VGC seperti memiliki pengalaman Pokémon tersendiri: kalian dapat pergi keluar berbagai negeri dan menemui banyak trainer, dan juga memainkan game favorit kalian! Tidak ada yang bisa mengalahkan kesenangan dalam menjadi yang terbaik dalam sebuah tournament dan juga memiliki banyak teman diseluruh belahan bumi.

Jika itu tidak dapat meyakinkan kamu, ada video pendek dimana salah satu player Indonesia memenangkan sebuah pertandingan legendaris dan ikonik di Taipei pada acara Taiwan National Championships 2016, dimana Jack membawa Pikachu untuk mengalahkan Pokémon Legendaris Xerneas dan membawa pulang piala Top 4 balik ke tanah air.

Pikachu membantu Jack untuk menjadi salah satu 4 trainer terbaik dibanding lebih dari 150 trainer dari seluruh penjuru Taiwan dan Hong Kong. Jika kalian memiliki otak yang kreatif, mungkin suatu hari kalian juga dapat memenangkan sebuah pertandingan ikonik di kancah international!


1.3 Rules, atau: Apa yang membuat VGC berbeda dengan bermain Pokémon biasa-nya?
Ruleset untuk VGC berbeda-beda setiap tahun-nya, namun ada beberapa hal yang cukup konstan: untuk awal, pertandingan VGC, dibanding pertandingan lain-nya, selalu menggunakan format doubles. Di dalam VGC, setiap peserta membawa 6 Pokémon, dan semua Pokémon di set di level 50. Lalu, tidak seperti single-player mode, VGC hanya mengijinkan kamu untuk membawa 4 Pokémon kedalam semua game. Ditambah, ada juga item-clause, dimana kalian tidak diijinkan untuk memiliki item yang sama di dalam team. Yang terakhir, kalian harus memilih move sebelum waktu habis, dan harus memenangkan game sebelum waktu untuk tournament habis.

Pada saat ini, rule VGC 2020 adalah sebagai berikut:

  • Semua Battle akan menggunakan sistim Double-Battle
  • Seluruh Pokémon dari Galar Regional Dex diperbolehkan kecuali Mythical Pokémon dan beberapa Pokémon Legendaris
  • Pokémon yang digunakan harus memiliki simbol Galar, menunjukkan bahwa mereka dapat ditangkap di Galar Region
  • Semua Pokémon akan di set di level 50
  • Duplikat Pokémon dan Item tidak diperbolehkan
  • Semua battle akan dimulai dengan 90-detik team preview
  • Player akan memiliki 7 menit untuk Your Time, 45 detik untuk memilih move, dan 15 menit untuk Game Time
  • Pokémon gigantamax diperbolehkan dengan restriksi tertentu. Untuk informasi lebih lanjut Pokémon manakah yang diperbolehkan dapat lihat di sini


Part 2: Mengetahui Basics – Mekanisme Pokémon

Jika kalian sudah mengerti basic dari competitive Pokémon, kalian dapat skip ke bagian 2.10-2.14

2.1 Types
Tipe Pokémon dijelaskan sewaktu kalian bermain game Pokémon Single-player mode, dan ini adalah salah satu yang membuat Pokémon tersebut unik. Tidak semua tipe balance, contohnya, Steel-type Pokémon memiliki resistance yang lebih banyak dan lebih susah untuk dikalahkan. Sekarang mulai dari Pokémon Sword and Shield, kalian dapat lihat apakah Pokémon tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk menghafal!


2.2 Moves, STAB dan Hax
Seperti yang kalian main di single-player mode, setiap Pokémon memiliki banyak move yang dapat dipelajari, namun hanya 4 move dalam satu saat. Setiap move memiliki category (Physical Move menggunakan Attack Stat, Special Move menggunakan Special Attack Stat, dan Status untuk move yang tidak melakukan damage), stat akurasi (kalau dash *-* menjelaskan bahwa move tersebut pasti selalu kena), dan jika mereka melakukan serangan, base power. Sewaktu move melakukan damage kepada Pokémon, jumlah damage yang dilakukan akan berbeda-beda disebut sebagai damage-roll, yang random diantara 0.85 – 1.0.

Salah satu mekanisme yang berguna untuk kalian memilih move adalah STAB, kependekan dari Same Type Attack Bonus. Jika Pokémon menggunakan serangan yang memiliki sama tipe dengan sendirinya, serangan tersebut akan melakukan 50% bonus damage ke lawan. Maka dari itu, biasanya move yang memiliki tipe yang sama dengan sendirinya lebih digunakan pada Pokémon yang offensive.

Sebagai pemain competitive, kalian akan ingin menghindari faktor kesialan dari RNG (Random Number Generator), dan dengan begitu, move yang memiliki akurasi lebih tinggi akan digunakan. Contoh, serangan Thunder walaupun lebih kuat dari Thunderbolt, orang akan lebih memilih menggunakan Thunderbolt, namun jika tim mereka adalah rain team, Thunder akan lebih digunakan karena dalam kondisi rain, serangan tersebut pasti akan terkena lawan. Biasanya pada pertandingan ada yang nama-nya hax; contohnya ada beberapa move yang sangat terkenal membuat hax, contoh Rock Slide yang menyerang kedua lawan dan memiliki secondary effect 30% flinch lawan.

Contoh, ada juga move yang memiliki akurasi lebih rendah digunakan. Contohnya Gastrodon lebih sering menggunakan Muddy Water dibanding Surf karena Muddy Water hanya mengenai lawan dan dapat membuat akurasi Pokémon lawan turun.

Jika ingin menghafali semua move, kalian dapat lihat disini.


2.3 Base Stats dan Peran
Pokémon memiliki 6 stat, biasanya dipanggil HP, Atk, Def, SpA, SpD, dan Spe. Setiap Pokémon memiliki 1 stat yang baik, dan stat buruk di lain-nya. Contoh biasanya Pokémon yang memiliki stats offensive dan defensive yang baik, biasanya speed mereka jauh lebih pelan. Jika ada Pokémon yang cepat dan offensive, biasanya defensive stats mereka cukup rentan.

Pokémon menggunakan Attack stat sebagai serangan jika move tersebut adalah tipe Physical, dan Special attack jika tipe Special. Player yang baik biasanya cukup familiar dengan Base Stat Pokémon yang ada. Speed adalah salah satu faktor yang paling penting untuk diingat, dan salah satu angka yang ingin kalian hafalkan, karena dengan itu kalian akan tahu susunan Pokémon yang akan melakukan serangan, dan informasi ini sangat vital


2.4 Abilities
Ditambah dari informasi diatas, setiap Pokémon memiliki 1 ability, dipilih dari biasanya memiliki 3 ability. Salah satu ability yang kalian akan sering lihat di VGC adalah Intimidate, dimana menurunkan 1 stage Attack untuk kedua Pokémon milik lawan, dan membuat Pokémon kalian dapat lebih tahan terhadap serangan. Storm Drain, dimana dapat menarik seluruh serangan water pada diri-nya dan menaikkan 1 stage SpA milik Pokémon tersebut. Defiant/Competitive dimana jika Pokémon tersebut terkena stats down pada salah satu stats milik-nya, akan menaikkan Attack/Special Attack milik Pokémon tersebut, dan masih banyak lain-nya. Ability untuk mengeluarkan weather seperti Drizzle/Sand Stream dan mengeluarkan Terrain seperti Psychic Terrain, sangatlah penting dan dapat mengubah stage permainan tersebut


2.5 Efek Arena
Efek arena mengacu kepada kondisi arena yang mengubah speed, status atau cuaca. Berikut adalah list Efek Arena yang sering digunakan:

Terrain: Sebuah efek arena yang mempengaruhi seluruh Pokémon yang menyentuh tanah (Pokémon Flying dan Pokémon dengan ability Levitate tidak akan terpengaruhi)

  • Electric Terrain: Menambah power serangan Electric yang menyentuh tanah sebanyak 33%. Pokémon yang ada di field tidak akan kena Sleep ataupun tertidur dari Yawn.
  • Grassy Terrain: Menambah power serangan Grass yang menyentuh tanah sebanyak 33%. Menambah 1/16HP setiap turn untuk Pokémon yang menyentuh tanah. 1/2 damage yang diambil dari Bulldoze, Earthquake dan Magnitude.
  • Misty Terrain: 1/2 damage yang diambil untuk Pokémon menyentuh tanah dari serangan tipe Dragon. Mencegah Pokémon menyentuh tanah untuk terkena Status Condition (Sleep, Poisoned, Burn, Paralyzed, Freeze, dan Confusion).
  • Psychic Terrain: Menambah power serangan Psychic yang menyentuh tanah sebanyak 33%. Mencegah Pokémon yang menyentuh tanah untuk terkena serangan yang bersatus Priority.

Weather: Sebuah efek arena cuaca yang mempengaruhi seluruh Pokémon yang ada di arena. Weather akan ada di arena selama 5 turn dan menghilang kecuali ditimpa dengan weather lain-nya. Informasi lebih lengkap bisa lihat di halaman ini

  • Sunshine: Serangan tipe Fire tambah 50%, Serangan tipe Water berkurang 50%. Thunder & Hurricane Accuracy menjadi 50%, Solarbeam tidak butuh charge untuk menyerang.
  • Rain: Serangan tipe Water tambah 50%, Serangan tipe Fire berkurang 50%. Thunder & Hurricane Accuracy menjadi 100%. Solarbeam menjadi butuh 2 turn charge untuk menyerang
  • Hail: Seluruh Pokémonyang tidak memiliki tipe Ice akan terkena damage 1/16 HP setiap akhir turn. Blizzard Accurary menjadi 100%. Power serangan Solarbeam menjadi 60
  • Sandstorm: Seluruh Pokémon yang tidak memiliki tipe Rock, Ground atau Steel akan terkena damage 1/16 HP setiap akhir turn. Seluruh Pokémon tipe Rock akan mendapatkan boost Special Defense sebanyak 50%. Power serangan Solarbeam menjadi 60

Field Changes: Sebuah efek arena dimana mengubah kondisi status pada satu sisi arena atau kedua-nya

  • Trick Room: Seluruh Pokémon yang memiliki speed lebih pelan akan bergerak lebih dulu. Tidak mengubah susunan serangan yang ada memiliki status Priority.
  • Magic Room: Seluruh item milik Pokémon yang ada di field dicegah penggunaan-nya.
  • Wonder Room: Seluruh Defense dan Special Defense Pokémon yang ada di field akan ditukar stats-nya
  • Tailwind: Menaikkan seluruh speed Pokémon pengguna pada arena-nya sendiri sebanyak 100%.

2.6 Nature
Dalam mekanisme, nature cukup simpel, mereka akan menaikkan sebuah stats sebanyak 10% dan menurunkan stats lain-nya sebanyak 10%. Biasanya akan terlihat seperti pros-cons, tapi dimana banyak Pokémon hanya menggunakan antara Physical atau Special, sering terlihat untuk menggunakan nature yang menurunkan stat Attack, jika Pokémon tersebut menggunakan Special Attack. Pokémon Physical akan sering menggunakan nature Jolly (+Spe, -Atk) atau Adamant (+Atk, -SpA). Jika menggunakan tim Trick room, tidak jarang Pokémon akan menggunakan nature yang menurunkan speednya seperti Brave (+Atk, -Spe) pada Pokémon seperti Rhyperior.


2.7 Modifier Stat
Kalian hampir pasti pernah melihat move, ability, items yang menaikkan atau menurunkan stats selama perjalanan kalian, seperti Swords Dance, namun berapa banyak stats yang dinaikkan atau diturunkan?

Sewaktu move untuk menaikkan stats digunakan, stat tersebut akan naik sebanyak beberapa stage. Setiap stage menaikkan 50% dari stat. Competitive Player sering menggunakan-nya dengan angka seperti +1 (naik 1 stage/50% boost) sampai +6(naik 6 stage/300% boost), dengan +6 adalah maximum.

Biasanya sewaktu stats mereka naik/turun, akan ada kalimat seperti stat rose (+1/multiplier 1.5), sharply rose (+2/multipler 2), drastically rose(+3/multiplier 2.5). Perlu dicatat Steam Engine walaupun ditulis drastically rose namun stage yang naik adalah +6/multiplier 4x).

Dalam hal yang sama, stat dapat turun jika seperti diserang move Icy Wind, atau ability Intimidate. Jika stats turun, berarti stat mereka dibagi oleh multiplier. -1 = dibagi 1.5, -2 = dibagi 2, -3 dibagi 2.5 dan seterusnya. Stats modifier bersifat sementara dan akan reset jika Pokémon tersebut ditarik dari arena


2.8 Individual Value (IV)
Setiap Pokémon yang lahir/ditemukan akan memiliki IV tertentu dalam setiap stat. IV adalah angka static dari 0-31 yang dapat menaikkan stat tersebut. Dalam setiap kasus, kalian akan menginginkan Pokémon tersebut memiliki IV tertinggi di semua stat yang dibutuhkan – 31. Namun dalam beberapa kasus tertentu, misalnya kalian dalam tim trick room, kalian ingin memiliki 0 IV pada beberapa Pokémon kalian karena dapat lebih cepat jika didalam trick room.

IV dapat di max dengan Hyper Training, menukarkan Bottle Cap di Battle Tower. Untuk mengecek IV kalian dapat judge di PC kalian (Setelah menang 5x di Battle Tower).

  • Best: 31 IV
  • Fantastic: 30 IV
  • No Good: 0 IV

2.9 Effort Value (EVs)
Effort Value adalah salah satu mekanik yang paling menarik dan complex dibanding seluruh mekanik yang sudah kita lalui. Setiap Pokémon memiliki total 508 EV untuk dibagikan secara bebas di stats-nya. 1 Stats memiliki maximum 252 EV. Maka dari itu, kalian dapat max 2 stats dengan total 508 EV yang diberikan

EV akan menaikkan stats Pokémon kalian. Setiap 4 EV poin kalian berikan pada sebuah stat, stat tersebut akan naik 1 poin pada level 100.

Didalam VGC, kita hanya perlu memperhatikan stats pada level 50, karena semua Pokémon secara otomatis akan di set pada level 50. Di level 50, 4 EV pertama akan menaikkan 1 bonus stat, setelah itu kalian butuh 8 EV untuk menaikkan stat tersebut. Sebagai contoh, 4 EV poin di speed akan menaikkan stats speed sebanyak 1 poin, dan 12 EV poin di speed akan menaikkan stats speed sebanyak 2 poin. Seluruh EV yang diinvestasikan diantara 4 dan 12 akan menaikkan hanya 1 poin, menjadikan tidak efisien.

Jadi bagaimana cara invest EV? Contoh jika kalian menggunakan pada Pokémon seperti Dracovish, dimana kalian ingin menjadikannya paling cepat dan sakit, tidak buruk untuk invest semua-nya di Attack dan Speed, dan 4 EV sisanya ke HP. EV spread seperti ini sering ditulis sebagai berikut: 4 HP / 252 Atk / 252 Spe.

Tapi bagaimana jika kita ingin sedikit lebih kreatif dengan EV spread kita. Mari kita ber-experimen, jika kita ingin Braviary kita tahan Rock Slide 252 Atk Tyranitar, kita bisa menggunakan damage calculator, untuk melakukan investment EV lebih efisien. Kalian bisa memulai dengan 252 HP apakah, akan tahan Rock Slide dari 252 Atk Tyranitar. Jika terlalu banyak investment, bisa dikurangkan, ternyata kalian berhenti di 156 HP, dan jika ingin bulk extra di Defense, kalian bisa menambahkan EV spread di defense. Setelah perhitungan yang matang, kita melihat 156 HP / 4 Def akan selalu tahan dari serangan 252 Atk Tyranitar pada double target ataupun single target. Terus misal-nya ingin bertahan juga dari Rotom-W Thunderbolt, setelah dihitung ternyata 92 SpD investment dapat menahan 252+ SpA Rotom-W. Sisanya bisa kita invest ke Attack dan Speed. Kita bisa menghitung juga misal-nya Pokémon kita ideal-nya dalam kondisi Tailwind (Speed +2). Ternyata setelah dihitung 60 EV dalam tailwind dan Jolly Nature cukup untuk Mendahului Dragapult dan Choice Scarfed Dracovish. Berarti sekarang sudah ada 156 HP/ 4 Def / 92 SpD / 60 Speed. Sisanya dapat di invest ke Attack menjadikan spread Braviary kita 156 HP / 200 Atk / 4 Def / 92 SpD / 60 Speed.

Penjelasan Spread Braviary lebih lengkap diatas dapat dilihat disini. Informasi didapatkan dari Reddit (Link Hilang)

Seperti yang kalian lihat, EVs memiliki banyak ruang kreativitas dalam setiap Pokémon. Apakah kita ingin Pokémon yang lebih pelan dan bulky untuk menahan serangan, atau ingin yang lebih offensive dan cepat? Semua tergantung dari kalian!


2.10 Items
Seperti yang kita sudah diskusikan, VGC memiliki Item Clause, dimana satu tim tidak boleh memiliki item yang sama. Disini saya akan menjelaskan item yang sering dipakai di Competitive Play dan efek-nya.

Sitrus Berry: Setelah kehilangan popularitas pada VGC18 dan 19, dengan di Nerf-nya Pinch Berry, usage Sitrus berry naik lagi. Sitrus berry menaikkan 25% HP jika HP Pemilik menyentuh 50% HP. Sering dilihat pada Braviary, Arcanine, dll

Pinch Berry (Figy, Iapapa, Wiki, Aguav, Mago): Berry ini memiliki fungsi yang sama, yaitu menaikkan 33% HP Pokémon sewaktu mereka sudah menyentuh 25% dari HP mereka atau kurang. Pokémon yang memiliki Berry sebagai item-nya sering menghitung EV dengan lebih baik agar dapat bertahan terhadap beberapa serangan, ataupun Pokémon yang memiliki ability Glutonny seperti Snorlax, yang memakan berry ini sewaktu darah mereka menyentuh 50% dibanding 25%.

Choice Items (Choice Band, Specs dan Scarf): Choice Band, Specs dan Scarf menaikkan user Pokémon Attack, Special Attack atau Speed sebanyak 1 stage (50%), namun Pokémon tersebut akan ter-lock dengan move tersebut sampai meninggalkan arena, atau hilang seperti di Knock-Off. Pada mekanisme gen-8 juga, jika Pokémon yang memiliki item choice Dynamax/Gigantamax, Pokémon tersebut akan kehilangan bonus stats-nya dan dapat memilih serangan apapun yang dimiliki. Namun setelah balik ke ukuran normal, Pokémon tersebut hanya bisa memilih move yang sama dengan yang digunakan sebelum ia Dynamax/Gigantamax.

Assault Vest: Assault Vest, atau AV menaikkan SpD Pokémon yang memegangnya sebanyak 50%, namun tidak boleh menggunakan move yang tidak melakukan damage (seperti protect, toxic, dll). Pokémon yang sering menggunakan Assault Vest adalah Arcanine, Ludicolo, Dhelmise, dll.

Focus Sash: Focus Sash memastikan Pokémon tersebut tidak dapat di KO dari darah penuh, membuat mereka dapat survive hanya dengan 1 HP. Item tersebut tidak akan aktif jika Pokémon tersebut sudah mengambil damage. Pokémon yang sering menggunakan item ini adalah Indeedee, Excadrill, Whimsicott, dll

Life Orb: Life Orb menaikkan 30% pada seluruh move yang melakukan damage dengan recoil 10% pada darah sang pemilik. Sering dilihat pada Pokémon offensive yang cepat seperti Excadrill.

Seeds (Electric, Misty, Grassy, Psychic Seed): Seeds aktif saat mereka keluar pada kondisi arena memiliki terrain tertentu, dan menaikkan stat tergantung dari seed-nya. Misty & Psychic menambahkan 1 stage SpD (50%) dan dimana Electric & Grassy menambahkan 1 stage Def (50%). Seed item sering digunakan pada Pokémon yang memiliki recovery bagus dan akses terhadap recovery move seperti Roost/Recover. Pokémon yang menggunakan-nya macam Mandibuzz, Hatterene, Togekiss, dll

Weakness Policy (disingkat WP): WP menaikkan 100% (+2) boost Attack dan Special Attack stat jika pertama kali diserang oleh serangan super effective. Karena Pokémon tersebut harus tahan dari serangan tersebut untuk menggunakan boost-nya, WP sering dilihat pada Pokémon Bulky dan dapat menahan serangan2. Pada banyak kasus, player sering menggunakan combo dimana Pokémon menyerang partner sendiri-nya dengan serangan super effective untuk mengaktifkan WP.

Leftovers: Leftover menyembuhkan HP pemilik sebesar 1/16 HP pada setiap akhir turn. Walaupun tidak sesering digunakan dibanding format Singles, Leftovers sering dilihat pada Pokémon seperti Ferrothorn

Eviolite: Item yang menaikkan 50% boost untuk Defense dan SpD, tapi hanya digunakan pada Pokémon yang belum evolusi pada stage terakhir. Sering dilihat pada Pokémon seperti Dusclops atau Clefairy

Safety Googles: Pengguna item ini akan immune terharap powder-based moves (seperti Sleep Powder, Spore atau Rage Powder) dan damage dari cuaca/weather.


2.11 Double Battle
Kalau kalian terbiasa dengan single battle, persiapkanlah diri kalian di VGC karena ada beberapa mekanisme yang berbeda dalam format double battle.

Beberapa move, ability dan effect bisa dibilang lebih kuat di double battle dibanding single. Contoh-nya adalah protect, sangat jarang ditemukan di single battle namun sangat umum di double battle. Jika lawan kalian memilih untuk menyerang satu Pokémon kalian menggunakan kedua Pokémon mereka, dan Pokémon kalian tersebut menggunakan protect, berarti bisa dibilang turn tersebut sangat efektif untuk kalian!

Serangan Fake Out adalah contoh berikutnya, tidak terlalu digunakan pada single battle karena hanya melakukan damage kecil. Namun di double battle memaksa salah satu Pokémon lawan untuk skip turn mereka, dan mengijinkan Pokémon kalian yang lainnya untuk set up atau mengalahkan Pokémon tersebut. Intimidate salah satu yang lain-nya juga, dibanding di singles hanya men-target hanya 1 Pokémon lawan, di double battle, intimidate mengurang attack dari kedua Pokémon lawan.

Karena di double battle harus mengeluarkan 2 Pokémon saat bersamaan, sangat umum jika melihat player yang menggunakan combo Pokémon dengan sinergi yang bagus untuk mengalahkan tim lawan. Sebagai contoh mengeluarkan Tyranitar dan Excadrill. Tyranitar bertugas untuk mengeluarkan sandstorm dan Excadrill dengan ability Sand Rush akan terkena boost speed sebanyak 100%.

Salah satu aspect lain-nya yang kalian akan lihat di double battle adalah Speed Control. Secara singkat, Speed Control mengacu kepada apapun yang dapat mengubah kondisi agar bisa menentukan Pokémon yang mana gerak duluan. Contoh kasik adalah Trick Room, dimana Pokémon dengan speed lebih rendah selama 5 turn. Tailwind, dimana boost 100% speed stat dari Pokémon sisi kalian selama 4 turn. Serangan yang mengurangkan speed sisi lawan seperti Icy Wind dan Electro Web akan lebih sering terlihat di VGC. Memiliki kedua Pokémon kalian yang menyerang lebih dulu dapat dengan mudah mengubah alur-nya pertandingan, jadi pastikan kalian dapat control speed selama pertandingan!


2.12 Mekanisme Speed
Dengan kita sudah mengcover seluruh ability (dan banyak hal lain-nya), sebenarnya Speed mempengaruhi hal lain selain giliran. Sebagai contoh, ada 2 Pokémon dengan ability intimidate di kedua sisi arena. Di game akan memperlihatkan masing-masing sisi akan dikurangi attack-nya, namun apakah kalian tahu bahwa ini dapat digunakan untuk mengetahui Pokémon mana yang lebih cepat? Selain pemberitahuan ability, Speed juga mempengaruhi giliran Pokémon switch in.

Sebagai contoh, kalian menggunakan Max Speed Arcanine melawan Excadrill. Sewaktu keluar, ternyata informasi ability Mold Breaker Excadrill muncul terlebih dahulu dibanding Arcanine. Dengan ini kita tahu bahwa Excadrill tersebut menggunakan Choice Scarf.

Perlu diingat juga, Pada generasi sebelumnya, speed check dilakukan pada awal turn. Sejak gen 8 ini, giliran turn (speed check) setiap Pokémon dihitung setiap 1 Pokémon selesai dengan giliran mereka. Sebagai contoh:

  • Gen 7 dan sebelumnya: Whimsicott & Braviary (80 Spe BST) vs Rotom-Wash (86 Spe BST) & Sylveon (60 Spe BST). Whimsicott menggunakan Tailwind giliran turn berikutnya adalah Rotom-Wash menyerang Thunderbolt ke Braviary, lalu Braviary KO dan Sylveon dapat menggunakan Hyper Voice single target ke Whimsicott.
  • Gen 8: Whimsicott & Braviary (80 Spe BST) vs Rotom-Wash (86 Spe BST) & Sylveon (60 Spe BST). Whimsicott menggunakan Tailwind giliran turn berikutnya adalah Braviary menggunakan Brave Bird ke Sylveon dan KO, lalu Rotom-W menggunakan Thunderbolt dan KO Braviary.

Ingati mekanisme speed ini dan kalian akan mendapat informasi lebih baik mengenai Pokémon lawan


2.13 Dynamax & Gigantamax
Dynamax adalah mekanisme yang dikenalkan pada generasi 8 ini. Dynamaxing akan menambah ukuran dari Pokémon tersebut, mengubah seluruh move Pokémon tersebut dan menambah HP mereka paling banyak 2x (tergantung Dynamax Level). Hanya dapat digunakan 1x dalam 1 battle dan bertahan selama 3 turn. Jika mereka ditarik, mereka akan balik ke ukuran semula

Dynamaxing akan menjaga Pokémon tersebut dari Flinch, immune dari serangan yang menghitung dari berat, tidak dapat dipaksa untuk balik ke Pokeball melalui serangan seperti Dragon Tail atau Whirlwind, namun dapat kembali menggunakan Emergency Exit (Golisopod). Dynamax Pokémon tidak dapat diubah ability-nya emnggunakan Entrainment atau Skill Swap. Semua Choice Item juga tidak bekerja, dan ability Gorilla Tactics.

Seluruh move mereka akan berubah menjadi Max Moves, yang memiliki Base Power lebih dari serangan biasa dan ada efek tambahan. Max Move ditentukan dari tipe serangan Pokémon tersebut. Tidak ada Max Move yang spread dan dapat mengenai kedua Pokémon milik lawan.

Beberapa Pokémon yang bisa Gigantamax, mirip seperti Dynamax namun bentuk Pokémon tersebut berubah dan memiliki G-Max Move, memiliki secondary efek berbeda dengan Max Moves.

Pokémon yang selama ini sering dilihat untuk Dynamax di VGC2020 adalah sebagai berikut (dapat berubah-ubah):

  • Dragapult
  • Excadrill
  • Arcanine
  • Rotom-Wash
  • Corviknight
  • Braviary
  • Tyranitar
  • Hatterene
  • Duraludon
  • Snorlax (G-max)
  • Rhyperior
  • Milotic

2.14 Mengetahui Meta: Apa yang ada di dalam set?
Jika suatu saat kalian ingin tahu Pokémon apa yang sering dipakai beserta set move dan EV-nya, gunakan VGCStats untuk data tournament, dan Pikalytics untuk data in-game juga Pokémon Showdown.

Mengetahui Pokémon yang sering dipakai adalah kunci untuk menjadi Pokémon VGC Player yang baik. Kalian ingin mengetahui typings, base stats (paling penting speed), abilities dan juga set populer mereka. 1 Set akan memiliki informasi mengenai nature, move, ability, EVs dan item yang mereka pegang.

Untuk Common team dan juga common lead akan dijelaskan dibawah.



Part 3: Bagaimana cara memulai?

Selamat! Kalian sudah mengetahui seluruh basic, bahkan mekanisme lanjutan dari competitive Pokémon dan pemahaman dari aturan VGC 2020. Apa berikutnya? Langsung buat tim kah? Sebelum itu, saya sangat mengajurkan untuk melihat beberapa konten mengenai Competitive Pokémon

3.1 Streams
Stream ada beberapa yang kalian bisa lihat, berikut beberapa list

  • VGCStats: Bukan hanya usage, kalian bisa melihat video dari tournament-tournament sebelumnya dari seluruh dunia (Jika ada tinggal lihat tombol “play” di samping nama tournament).
  • Pokémon Twitch Channel: Kalian dapat melihat tournament-tournament level International Championship, serta streaming tournament tersebut!
  • Cybertron: Salah satu Youtuber VGC paling terkenal, telah banyak achievement tournament besar, serta pernah menjadi caster pada tournament kejuaraan dunia
  • James Baek: Salah satu player terbaik di US dan di dunia dengan mencapai Top 4 pada World Championship 2019. Cara dia menjelaskan tim-nya cukup informative dan sangat baik untuk player baru yang ingin belajar
  • PKMN-id: Memiliki beberapa tournament local di Indonesia sebelum-nya, seluruh archive tournament yg di stream ada di channel ini

3.2 Bikin Team…. atau Nyolong Team?
Yang kalian butuhkan sekarang adalah memainkan tim yang sudah memiliki sinergi yang bagus. Membuat team sendiri bisa dibilang cukup menarik, namun saya sangat menyarankan untuk meng-copy tim dari player yang lebih berpengalaman sewaktu awal mulai. Team Building adalah salah satu hal tersulit dalam competitive Pokémon dan menjadi player yang bisa membuat tim bagus membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai metagame yang sekarang dan biasanya player baru tidak memiliki kemampuan ini. Coba anggap TCG, sewaktu kalian mulai, tentunya pasti akan menggunakan deck populer dibanding memulai-nya sendiri

Jadi bagaimana cara kalian mendapatkan tim? Salah satu-nya adalah di Trainer Tower. Selain hanya artikel, mereka juga memberikan team report dengan pencapaian tertentu. Kalian juga dapat mencari-nya di Twitter mengenai Rental Team, dan menggunakan-nya untuk Rating Battle. Pada youtube Ray Rizzo, James Baek, Cybertron, dan banyak player VGC mancanegara lain-nya memberkan contoh team yang mereka gunakan untuk laddering. Pastikan team yang kalian colong pinjam itu format double dan VGC2020 ya!

Beberapa memiliki opini menggunakan tim orang lain adalah malas, namun dapat menganalisis dan mencoba tim sukses dapat memberikan kamu gambaran mengenai konsep dari teambuilding juga dapat melihat pros dan cons dari setiap team yang ada. Salah satu cara terbaik untuk kalian belajar dan main! Sewaktu kalian sudah lebih siap, kalian akan dapat bikin team sendiri.


3.3 Tes skill kalian: Showdown!
Pada tournament VGC offline, pasti kalian akan harus membawa Switch + game kalian, namun banyak player yang menggunakan Pokémon Showdown untuk berlatih. Pokémon showdown mengijinkan kalian untuk mengganti Pokémon, move, item, dan lain-lain tanpa harus breeding dan melatih Pokémon kalian. Maka dari itu Showdown adalah tempat terbaik untuk kalian tes tim sebelum mulai breeding ke game kalian!

Untuk menggunakan showdown, cukup buat akun dan langsung ke teambuilder. Buat tim baru dan set format ke VGC (dibawah bagian doubles). Kalau kalian ketemu tim bagus di online seperti pastebin dan pokepastes, langsung saja copy-paste dan validasi. Sewaktu tim kalian sudah di validasi, langsung saja Find Match! Good Luck and Have Fun!



Part 4: Becoming the Very Best!

Kalau kalian kesulitan memahami bagian berikut, kalian dapat tanya dengan para player lain atau bisa mencoba main ladder dulu dan kembali lagi pada bagian ini

Setelah mengamati VGC selama beberapa waktu, banyak player yang akhirnya stuck di situ-situ saja. Bagaimana cara kalian menjadi lebih baik? Bagian ini akan menjelaskan cara kalian menjadi player yang lebih baik.

4.1 Team Preview: Apa yang harus dipilih?
Sebagai player baru (ataupun yang sudah berpengalaman), kalian hampir pasti pernah di situasi kalian kalah karena memilih Pokémon yang salah menjadi lead. Bagaimana cara-nya supaya kalian tidak mengulangi-nya?

Salah satu cara pertama adalah melihat potensi item dan set pada Pokémon lawan sewaktu di Team Preview. Contoh-nya jika kalian lihat Tyranitar dan Excadrill, sudah dapat hampir dipastikan team tersebut adalah team sand. Atau misalnya melihat Oranguru + Indeedee, kemungkinan besar adalah team Trick Room. Beberapa yang sulit dilihat seperti Mimikyu + Rotom + Whimsicott, kadang kemungkinan dapat bermain Trick Room juga, bisa juga Tailwind. Banyak Pokémon juga yang memiliki aspek di move mereka yang hampir pasti sama di semua Pokémon. Sebagai contoh, jika melihat Braviary, dapat diasumsikan memiliki Brave Bird, Tailwind dan Close Combat.

Berikutnya, dapat melihat pada komposisi team: apakah memberi tahu mengenai Pokémon tersebut? Sebagai contoh, jika misalnya lawan membawa Whimsicott + Excadrill, walaupun kedua Pokémon dapat menggunakan Focus Sash, dalam kondisi ini Whimsicott lebih memungkinkan untuk membawa Focus Sash.

Selalu ingat dengan ancaman tim Pokémon lawan yang membatasi pilihan lead kalian, sebagai contoh Pokémon dengan ability Defiant atau Competitive. Kamu tidak mau risiko membawa Pokémon dengan Intimidate sebagai lead kalian, kecuali kalian bisa yakin akan dapat melawan Boosted Stats Milotic, Braviary atau semacam-nya.

Kedua, kalian ingin tidak langsung auto-lose dengan lead yang lawan kalian mungkin pilih. Mencoba memilih lead dalam 90 detik tentu-nya susah, coba fokus terhadap lead yang mengancam. Contoh lawan kalian punya opsi untuk lead Whimsicott + Dracovish atau Excadrill + Tyranitar. Kalian ingin memilih lead yang tidak kalah dengan kedua pilihan lead lawan ini.

Terakhir, dalam video Wolfe’s VGC Academy, ia menjelaskan dalam konsep “The rule of Two”. Esensinya adalah, kalian ingin membawa 2 jawaban kepada setiap Pokémon lawan. Contohnya jangan lupa untuk membawa Pokémon dengan move grass untuk mengalahkan Gastrodon!


4.2 Ketahui Kondisi Kemenangan Kalian!
Kondisi kemenangan, atau biasa disebut Win Condition (win con) cukup dapat dijelaskan dengan mudah. Namun kesalahan yang biasa sering dilakukan player adalah tidak memperhatikan win con mereka.

Sebagai contoh: Lawan kalian memiliki Gastrodon pada Pokémon lawan, dan satu-satunya Pokémon yang dapat mengenai Gastrodon dengan damage signifikan adalah Rotom-Mow. Pada awal game, kamu memiliki opsi untuk menukar Rotom-Mow kalian dengan salah satu Pokémon lawan yang bukan Gastrodon. Apakah kalian akan trade? Player baru biasanya akan tergoda untuk melakukan ini (apalagi lawan belum men-reveal bahwa mereka membawa Gastrodon ke game tersebut), namun player yang lebih berpengalaman akan tahu kapan harus menyimpan Rotom-Mow mereka supaya mereka tidak kalah dengan Gastrodon pada late game. Pada situasi ini, menyimpan Rotom-Mow kalian adalah bagian dari win con kamu.

Kesalahan yang lebih drastis adalah tidak membawa Rotom-Mow ke game tersebut sama sekali. Semoga kalian tidak melakukan-nya ya. Pada esensi-nya, selalu pikir kedepan dan jangan buat Pokémon yang menjadi kunci kemenanganmu kalah di early game.

Pada format ini seperti VGC20, sangat penting untuk menyadari bahwa mendapatkan KO early bukan selalu opsi terbaik. Sebagai contoh, lawan memiliki lead Hatterene + Indeedee. Hatterene berkemungkinan untuk melakukan Trick Room, kalian tentu dapat Meng-KO Indeedee (setelah ia follow me + Focus Sash) dengan double target Pokémon tersebut. Namun dengan begitu, Trick Room nyala dan lawan dapat mengeluarkan Pokémon berikutnya secara gratis seperti Torkoal yang sangat sakit jika melakukan Eruption. Tidak banyak Pokémon yang dapat menahan Eruption + serangan dari Hatterene sekaligus. Pada kondisi ini, lebih baik untuk stall out Trick Room, atau membuat lawan tidak dapat set up Trick Room sama sekali!

Menyerah dengan cepat juga adalah salah satu isu dimana player harus lalui. Sebagai contoh: Lawan kalian memiliki darah 60% Torkoal di Trick Room, dan kamu memiliki Rotom-Mow yang akan kalah dengan Flamethrower milik Torkoal. Rotom-Mow kalian memiliki move Protect + Thunderbolt. Ada 2 turn lagi untuk Trick Room, apakah kalian bisa menang? Tentu saja bisa! Pertama stall Trick Room dengan double protect (1/2 kesempatan) agar bisa menyeranglawan. Next, dengan thunderbolt dan paralyzed lawan-nya (10%) dan berharap pada turn itu Torkoal Paralyzed. Terkadang, Hax adalah win con kalian!

Tentu-nya, memenangkan pertandingan pada situasi tersebut sangatlah kecil, namun jika kalian memiliki kondisi untuk menang, player yang baik tidak akan pernah menyerah. Berikut adalah contoh seorang player melakukan comeback dari game yang sudah hampir pasti kalah, dengan sangat hoki. (Maka-nya kalian tahu kenapa mereka bilang “Where there’s a Rock Slide, there’s a way!”)

Rock Slide = Pure Skill


4.3 Matchup: Main dengan rencana!
Jika dihadapi dengan matchup susah, player dengan pengalaman sedikit akan lebih menyalahkan dengan bad matchup mereka dan merasa tidak ada yang bisa dilakukan. Walaupun Luck tentu menentukan, biasanya selalu ada cara untuk menang dalam kondisi tersulit. Untuk menjadi player yang lebih baik, sangatlah penting untuk membuat game plan dalam setiap matchup.

Sebagai contoh, kalian sulit menghadapi lead Hatterene + Indeedee dikarenakan Trick Room pasti selalu up. Dalam beberapa kondisi, tentu tidak bisa menghentikan Trick Room untuk up. Tapi misalnya dengan gastrodon, kalian dapat menyerang dengan Muddy Water agar kedua lawan terkena damage dan memastikan Indeedee tidak mati agar tidak bisa melakukan safe switch in. Dengan ini kalian bisa stall turn dan set up agar dengan adapun-nya Trick Room, mereka tidak dapat melakukan banyak

Dalam beberapa contoh lain, mungkin tim kalian sangat kalah dalam beberapa matchup. Sebelum kalian mengganti Pokémon kalian, mungkin ada cara lain untuk overcome matchup tersebut. Sebagai contoh: Lawan kalian menggunakan Whimsicott + Dracovish. Kalian kesusahan karena tidak ada yang bisa stop Dracovish tersebut, namun di team kalian memiliki Whimicott dan Grimsnarl physical attacker. Sebelum mengganti salah satu Pokémon kalian menjadi Gastrodon, mungkin kalian dapat mengganti salah satu move milik Grimsnarl menjadi thunderwave untuk menurunkan speed Dracovish dan menyerang menggunakan Moonblast.

Beberapa top player sampai menggunakan flowchart di beberapa tim matchup pada setiap turn, salah satu kunci kemenangan mereka. Maka dari itu, sebelum tournament, coba siapkan list combo lead meta dan coba siapkan bagaimana cara melawan lead tersebut.


4.4 Damage Calc dan membuat EV Spread
Pokémon sedikit berbeda dengan game seperti TCG dimana pada game tersebut, damage-nya langsung ditentukan. Untuk mengetahui damage dari sebuah move, player menggunakan damage calculator. Jika kalian sedang laddering, atau dalam kondisi apapun ingin mengetahui berapa damage yang akan dikenakan pada Pokémon kalian dengan move tertentu, gunakan damage calc agar mengetahui kira2 damage yang akan dikenakan atau kena. Sebisa mungkin ingat persentase damage ini.

Salah satu yang memisahkan bermain casual di battle tower dan player VGC terbaik adalah mengetahui calc kalian. Kalian harus mengetahui apakah Pokémon kalian dapat bertahan serangan tertentu dari Pokémon lawan atau tidak. Dalam kondisi yang sama, kalian ingin tahu apakah Pokémon kalian dapat OHKO atau 2HKO Pokémon lawan. Calcs dipelajari dari pengalaman dan memori, jadi tidak ada jalan pintas kesana.

Yang paling relevant pada damage calc adalah EV Spread, yang kita sudah diskusikan. Bagaimana cara membuat EV Spread? Mari kita coba dengan contoh: Balik ke Braviary tadi

Pada membuat spread, baiknya dimulai dengan threat pada Pokémon kita (Braviary pada kondisi ini) dengan menggunakan Defensive Calcs. Braviary Pokémon yang cukup bulky, namun kita ingin agar dapat bertahan beberapa threat. Kita ingin Braviary tahan dari Thunderbolt Rotom-Wash, Rock Slide Tyranitar, Excadrill Rock Slide. Lalu kita ingin lihat Pokémon apakah yang Braviary in KO, sebagai conntoh Excadrill, Dragapult dan Whimsicott. Kalau mau ikutan bisa buka Damage Calc ya!

Mari kita mulai dari Speed Stat, pada kondisi optimal kita ingin kita selalu ada di tailwind, jadi pada kondisi ini kita bisa langsung hitung jika speed kita ada diatas tailwind. 60 EV di Speed dalam Tailwind ternyata dapat outspeed Dragapult dan Jolly Choice Scarf Dracovish. Ditambah bisa outspeed Excadrill diluar sand setelah +1 speed dari Max Airstream (atau bisa menyamakan speed excadrill di sand dengan menggunakan tailwind).

Berikutnya kita ingin lihat offensive calcs, ternyata Brave Bird dari Braviary dapat KO Whimsicott tanpa investment Attack sama sekali, namun tidak dapat OHKO Excadrill maupun Dragapult. Setelah dihitung, +1 196+ Attack Braviary Brave Bird dapat OHKO Gyarados dengan 4HP (+1 karena Intimidate Gyarados). 196+ Atk Braviary Max Knuckle pun juga dapat 37.5% Chance untuk OHKO Excadrill, jika Close Combat, dapat OHKO Excadrill. Maka dari itu, disini kita bisa invest di Attack 196. Menyisakan kita di 252 poin.

Terakhir, kita ke defensive Calcs. Dimulai dengan invest 252 ke HP, namun ternyata masih belum bisa menahan serangan dari Rotom Thunderbolt walaupun dapat menahan 252 Atk Tyranitar. Apakah kita bisa mengubahnya? Tentu saja bisa, karena kita tahu yang tidak tahan terhadap serangan adalah Rotom Thunderbolt, kita bisa mengurangi investment pada HP dan menambahkan-nya ke SpD. Setelah perhitunagn 156 HP & 92 SpD dapat menahan 252+ Rotom-W Thunderbolt, sisanya? Dimasukkan ke Defense, ternyata dengan 156HP & 4 Def dapat menahan 252 Atk Tyranitar Rock Slide Single Target. Ada sisa 4 EV lagi

Dengan perhitungan tersebut, kita berada di Adamant Braviary: 152 HP / 196 Atk / 4 Def / 92 SpD / 60 Speed


4.5 Strategi dan Lead umum VGC2020
Kita tentu-nya sudah hampir siap ke teambuilding, tapi sebelum kira kesana, baik-nya kita diskusi tipe-tipe team. Team dibuat dalam beberapa pemikiran: ada yang main Hyper Offensive dan cepat, Pokémon yang high damage namun tidak dapat diandalkan dalam safe switch in. Lain-nya mungkin lebih dibuat untuk wall seperti Ferrothorn dan game plan berputar dan mengalahkan semua threat agar akhir-nya dapat stall out lawan dengan recovery dan chip damage dari Leech Seed atau Toxic. Berikut adalah Lead atau Strategi umum yang muncul di awal VGC2020

  • Tyranitar + Excadrill: Excadrill dengan ability Sand Rush, dapat melipat gandakan Speed yang dimilikinya berkat bantuan ability Sand Stream dari Tyranitar. Tyranitar juga merupakan salah satu Pokémon yang terkena buff secara tidak langsung. Dengan adanya Dynamax, HP Tyranitar yang terbilang sangat besar akan dikali 2 dan dapat menahan banyak serangan dari lawan sehingga akan sangat cocok jika Tyranitar membawa Weakness Policy.
  • Whimsicott + Dracovish: Salah satu Pokémon yang dipopulerkan oleh Wolfe Glick, move dari Dracovish, Fishious Rend akan menimbulkan kerusakan 2x lipat jika Dracovish menyerang duluan. Maka dari itu Whimsicott merupakan partner yang cocok untuk Dracovish dengan menggunakan Tailwind agar meyakinkan Dracovish dapat menyerang duluan.
  • Weavile + Coalossal: Weavile mempunyai akses untuk mempelajari serangan Surf, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengaktifkan Steam Engine yang merupakan ability dari Coalossal sehingga speed yang dimiliki Coalossal akan naik sebesar 6 stages. Ditambah Coalossal menggunakan item Weakness Policy untuk menaikkan 2 stage Attack dan Special Attack
  • Braviary + Sylveon: Braviary, berkat Dynamax secara tidak langsung mengalami buff pada flying type. Dengan adanya Max Airstream yang merupakan STAB dari Braviary (Base Move Brave Bird) sehingga dapat memberikan damage yang cukup besar kepada lawan juga dapat menaikkan speed Braviary dan juga partner yang ada disebelahnya. Sylveon merupakan salah satu partner yang baik jika dipasangkan dengan Braviary, dengan adanya item baru yaitu Throat Spray ketika Sylveon berhasil menggunakan Hyper Voice, Special Attack dari Sylveon akan naik sebesar 1 stage. Sehingga dengan adanya kenaikan speed tiap turn dan juga firepower yang besar dari Sylveon merupakan hal yang tidak sepele.
  • Hatterene + Indeedee: Duo yang cukup menakutkan di format Battle Stadium Doubles. Dengan Indeedee yang cukup menggunakan move follow me, Hatterene disebelahnya dapat melancarkan move Trick Room agar sweeper dibelakang seperti Rhyperior, Torkoal, Gigalith dan Pokémon – Pokémon dengan speed yang rendah lainnya dapat bergerak lebih dahulu di Trick Room. Ability dari Indeedee, Psychic Surge dapat diandalkan untuk memberhentikan Trick Room dari Hatterene. Selain itu, Hatterene juga mempunyai ability Magic Bounce, yang artinya Hatterene bisa melontarbalikan serangan status yang diterimanya seperti Taunt, Thunderwave, Sleep Powder, Hypnosis, dsb.
  • Indeedee + Corviknight: Strategi yang baik namun simpel, ketika Indeedee keluar ke arena pertarungan ability dari Indeedee akan langsung menyala yaitu Psychic Terrain. Dan Corviknight dapat membawa item Psychic Seed, yaitu adalah item yang akan aktif jika Psychic Terrain aktif di arena dan akan menaikan Special Defense pemakai sebanyak 1 stage.
  • Ludicolo + Pelipper: Duo yang sudah dikenal sejak lama, Pelipper dengan ability Rain Dance akan memanggil hujan dan membasahi arena, lalu Ludicolo dengan ability Swift Swim yang menggandakan speed Ludicolo sendiri, serta weather rain juga meng-boost move bertipe water. Disaat weather-nya takut untuk diubah, Ludicolo bisa langsung Dynamax dan menggunakan Max Geyser untuk mengembalikan weather Rain
  • Whimsicott + Lucario/Arcanine: Lucario ternyata mempunyai potensi yang cukup baik untuk tahun ini. Dengan hidden ability-nya, Justified Lucario dapat memanfaatkannya untuk menaikan status attack dari Lucario jika terkena serangan bertipe Dark. Whimsicott sendiri mempunyai potensi yang tepat sebagai abuser Justified sendiri, Whimsicott mampu mempelajari serangan Beat Up yang dapat memukul targetnya sebanyak 2-4 kali dan kebetulan memiliki tipe Dark.

4.6 Sakit-nya kena Hax dan Tilt
Kita semua pernah disana: Sudah hampir menang, yang pasti jika lawan tidak mendapatkan flinch/crit/burn/freeze, dll. Sayangnya, RNG ada di sisi lawan hari itu dan membuat lawan kalian menang. Susah untuk tidak sedih, namun jangan langsung menyalahkan game-nya! Pada banyak kasus, sebenarnya memungkinakn untuk bermain elemen keberuntungan di Pokémon.

Mengambil langsung dari video Wolfe, singkat-nya ada banyak cara untuk meminimalisir Hax: salah satunya seperti di video, untuk bermain 100% win condition kalian. Sebagai contoh, kalian tersisa Ferrothorn dan melawan Rotom-Wash yang memiliki darah 15%. Ferrothorn kalian dapat menahan 1 serangan dari Rotom-Wash, serangan manakah yang akan kalian pilih? Power Whip atau Gyro Ball? Walaupun kalian akan ingin melakukan Power Whip, menggunakan Gyro Ball adalah 100% Win condition kalian, dimana Power Whip hanya 70%. Jangan menggunakan Leech Seed ya demi menaikkan health Ferrothorn-nya.

Cara kedua untuk melawan hax, seperti yang ada di video adalah bagaimana cara kalian membuat team. Cobalah untuk menggunakan move yang memiliki 100% accuracy jika dapat melakukan OHKO. Misalnya Thunderbolt > Thunder, atau Ice Beam > Blizzard.

Speed juga adalah faktor penting untuk menghindari hax; jika lawan tidak dapat bergerak sebelum kamu, berarti mereka tidak akan bisa nge-hax kamu. Speed Control yang diandalkan sangat dibutuhkan pada team yang lebih pelan sifatnya.

Selain itu, ada konsep mirip bernama Tilting. Tilting adalah kondisi dimana kita menjadi frustrasi atas game/olahraga (dalam kondisi ini Pokémon) dan bermain lebih buruk karenanya. Biasanya Hax akan membuat player menjadi Tilt. Jika kalian merasa sering Tilt selama laddering, mau itu karena hax atau kekalahan beruntun, ada solusi mudah: Beristirahatlah. Break 15 menitpun juga cukup agar otak kalian berisitahat agar dapat bermain lebih baik lagi.


Part 5: Menjadi bagian dari Keluarga Pokémon Indonesia

Group Pokémon untuk Sword Shield sendiri ada di Facebook (lebih beragam) dan juga Whatsapp bagi diskusi yang lebih competitive. Banyak player Indonesia yang sudah memiliki prestasi di mancanegara seperti Guntur (Melbourne Regional Champion 2018, Worlds Competitor 2018,2019), Hafidz Syahril (SG Open Runner Up 2018), Jack Kurniawan (Top 4 Taiwan Nationals) atau maupun juara-juara lokal seperti Ama Bon (Final Indonesia Trainer Arena Champion), Fadli Putera (PKMN-id Trainer Circuit 2017 Champion), Oktavian Jason (PKMN-id Trainer Circuit 2018 Champion), Brandon Chandra (PKMN-id Trainer Circuit 2019 Champion), dan masih banyak lagi. Jika kalian ingin bertanya, maupun itu hal kompetitif atau casual, jangan sungkan untuk bertanya-tanya kepada kami.

Untuk sementara, tournament Pokémon VGC di Indonesia belum official, namun biasanya ada group yang ke negeri seberang untuk mendapatkan poin agar bisa bertanding di Pokémon World Championship. Jika kalian berminat, bisa bicara langsung dengan admin website ini! Jangan lupa untuk like facebook page kami juga untuk informasi mengenai event terbaru!

Semoga dengan artikel ini lebih banyak peminat Pokémon VGC di Indonesia serta lebih terbuka pada pengetahuan game yang kita sukai ini. Ditunggu kehadiran kalian pada acara PKMN-id berikutnya!

Get Your Game ON!

Links & Resources

Article by Tamtam: A Comprehentive Introduction to VGC, Translated to Indonesian by ryuhashegi with edits to accommodate local region and current format.

Comments

comments

Hashegi Hanjaya

PKMN-id Co-Founder. PKMN-id Administrator. PKMN-id VGC Head Judge.